CARSOME Group Rayakan 7 Tahun Pencapaian serta Pertumbuhan Berkelanjutan dalam Mendorong Perkembangan Industri Mobil Bekas

Jakarta, 4 Agustus 2022 - CARSOME Group Inc (CARSOME), platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara, merayakan ulang tahun ke-7 dengan mencatat pencapaian lebih dari 260.000 transaksi dan jutaan konsumen yang dilayani melalui platform. Sejak didirikan pada 2015 dengan misi utama memberikan solusi terpercaya, pilihan, dan transparansi, CARSOME telah menghadirkan inovasi data dan teknologi di pasar mobil bekas dan menjadi brand terkemuka di regional yang menyediakan alternatif bagi konsumen untuk membeli dan menjual mobil bekas mereka.

Awal Perjalanan

Dua Co-Founder CARSOME, Eric Cheng (kiri) dan Jiun Ee Teoh (kanan), berfoto bersama di depan logo pertama CARSOME pada 2015  

Perjalanan CARSOME dimulai tujuh tahun lalu. Kedua Co-Founder, Eric Cheng dan Jiun Ee Teoh (JT), bertemu dalam sebuah obrolan santai, di mana mereka saling berbagi pengalaman buruk saat membeli mobil bekas. Mereka kemudian menyadari bahwa pengalaman semacam ini tidak hanya sering terjadi, tapi sudah menjadi hal yang biasa. Keduanya memutuskan untuk mencari solusi. Mereka memahami bahwa proses jual-beli mobil bekas harus distandarisasi, dapat diakses secara digital, dan menggunakan pendekatan konsumen di Asia Tenggara. Mereka lalu merintis CARSOME, dengan misi utama mentransformasi dan menciptakan kembali pengalaman transaksi dan kepemilikan mobil di regional dengan menghadirkan solusi terpercaya, pilihan, dan transparansi kepada konsumen.

Misi ini tidak berubah sepanjang tujuh tahun terakhir, sejak penjualan mobil pertama melalui platform hingga mobil ke-260.000 dan seterusnya. Saat ini, CARSOME telah menjadi brand yang terpercaya dan disukai di regional dan melayani jutaan konsumen melalui berbagai platform. CARSOME telah berkembang menjadi platform e-commerce mobil bekas terbesar di Asia Tenggara berdasarkan volume atau nilai transaksi, menjual lebih dari 18.000 mobil setiap bulan dengan total nilai tahunan lebih dari 1,7 miliar dollar AS.

Pencapaian Penting

Pencapaian penting dari 7 Tahun Perjalanan CARSOME

Dari Malaysia ke Regional. CARSOME dibangun di Malaysia dengan meluncurkan bisnis grosir di 2015 dan Inspection Center pertama yang menyediakan layanan secara offline di 2016. CARSOME terus tumbuh dengan pesat hingga berhasil menjadi platform mobil bekas nomor satu di Malaysia pada 2018. Perusahaan kemudian memperluas pasarnya ke Singapura, Indonesia, dan Thailand pada 2016, 2019, dan 2020, dan saat ini CARSOME menjadi pemimpin pangsa pasar di keempat negara. Ketiga pasar di luar Malaysia juga merupakan pasar CARSOME dengan pertumbuhan terkuat dan diharapkan dapat berkontribusi terhadap pendapatan grup hingga lebih dari 40% pada akhir tahun ini.

Dari Grosir ke Retail. CARSOME menguji coba bisnis retail di Malaysia dengan membuka Experience Center untuk pertama kalinya di tengah pandemi COVID-19 pada 2020. Dalam waktu kurang dari dua tahun, bisnis retail CARSOME telah berekspansi ke empat negara dan menjadi bisnis perusahaan dengan pertumbuhan tercepat, mencatat pertumbuhan tahun-ke-tahun lebih dari 10 kali lipat dan menjadi pilar penting di luar bisnis grosir yang sudah lebih dulu hadir. Saat ini kontribusi bisnis retail terhadap pendapatan grup mencapai lebih dari 25% dan diharapkan dapat meningkat sampai 50% dalam jangka waktu menengah hingga panjang. Baru-baru ini CARSOME juga meluncurkan PJ Automall, salah satu Experience Center offline terbesar di Malaysia, untuk semakin memperkuat bisnis retail perusahaan serta memberikan kombinasi pengalaman online dan offline kepada konsumen.

CARSOME PJ Automall diluncurkan secara resmi di Malaysia pada 7 Juni 2022

Ekspansi “Figital” (Fisik dan Digital). CARSOME terus memperluas jejak dengan membuka lebih dari 120 Inspection Center dan Experience Center di 4 negara yang saling terhubung dengan pusat logistik regional. Pada 2021, perusahaan meluncurkan pusat inspeksi dan rekondisi pertama dan terbesar di Asia Tenggara, CARSOME Certified Lab di Malaysia – nama tersebut dipilih secara voting oleh karyawan CARSOME – yang memiliki kapasitas untuk merekondisi lebih dari 2.000 mobil per bulan. Perusahaan berencana meluncurkan tiga CARSOME Certified Lab baru hingga akhir 2022 untuk juga memenuhi kebutuhan rekondisi retail di Indonesia dan Thailand.

Peluncuran CARSOME Academy. Pada 2021, CARSOME mendirikan CARSOME Academy di Malaysia dan menyambut para murid dari angkatan pertama. Program ini, yang diinisiasi oleh JT sebagai salah satu Co-Founder, menyediakan pelatihan teknis sekaligus jaminan kerja bagi generasi muda. Juni lalu, CARSOME Academy telah hadir di Indonesia untuk semakin meningkatkan tenaga kerja dan peluang kerja otomotif di tanah air. CARSOME Academy membekali para peserta program dengan teori dan pengalaman praktik berdasarkan standarisasi dan kualifikasi profesional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi di Indonesia. Hingga hari ini, CARSOME Academy telah memberikan kursus kepada lebih dari 1.500 murid dengan durasi pelatihan lebih dari 6.000 jam.

CARSOME Academy Thailand

Berkembangnya Keluarga CARSOME. Pada 2022, CARSOME mengakuisisi sejumlah mitra strategis. Perusahaan telah menyelesaikan akuisisi iCar Asia – platform jual-beli mobil online terbesar di Asia Tenggara; akuisisi saham ekuitas di PT Universal Collection – perusahaan jasa lelang mobil dan motor offline berbasis di Jakarta dengan cabang di berbagai wilayah di Indonesia; WapCar – platform konten otomotif dan media sosial terkemuka di regional; dan 51% saham Cartimes – dealer mobil pemenang penghargaan di Singapura dengan puluhan tahun pengalaman operasi. Sebagai sebuah grup, saat ini CARSOME mengelola lebih dari 14 juta pengunjung unik setiap bulan dan lebih dari 20.000 dealer. Didukung aset data terintegrasi, CARSOME mampu menghadirkan solusi yang semakin lengkap untuk mewujudkan janji CARSOME dengan lebih baik lagi kepada konsumen di regional.

Terus "haus" data. Data dan inovasi teknologi merupakan inti dari bisnis CARSOME untuk mendukung pertumbuhan dan pendapatan serta pengambilan keputusan. CARSOME terus haus akan data dan memperkuat kapabilitas teknologi untuk meningkatkan transparansi dan pengalaman konsumen. Riwayat transaksi, dokumen inspeksi dan jejak digital konsumen dalam beberapa tahun terakhir telah membantu menghimpun data transaksi kepemilikan terbesar di antara platform e-commerce mobil bekas lainnya di Asia Tenggara. Hal ini turut membantu meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan, termasuk evaluasi permintaan, algoritma penetapan harga secara otomatis, serta personalisasi konten dan penawaran.

Memenangkan Lisensi Bank Digital di Malaysia. Baru-baru ini CARSOME telah memenangkan salah satu lisensi bank digital Malaysia, sebagai bagian dari konsorsium yang dipimpin oleh KAF Investment Bank. Konsorsium ini berkomitmen untuk mengeksplorasi berbagai cara kemitraan guna meningkatkan inklusi keuangan di Malaysia dan sekitarnya.

Mendorong CARSOME Menuju Masa Depan

Di Asia Tenggara, mobil bukan hanya untuk mobilitas, tapi juga menciptakan pendapatan tambahan, mendorong kebebasan dan membuka peluang kerja yang lebih baik. CARSOME akan terus melayani pelanggan, dengan fokus memberikan solusi nyata dan membangun bisnis yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup konsumen.

Juli lalu CARSOME telah menunjuk legenda sepak bola Eric Cantona sebagai brand ambassador. Sebagai salah satu pesepak bola terbaik di generasinya, Cantona dan CARSOME sama-sama memiliki semangat juang yang tak kenal lelah dalam memberikan yang terbaik bagi penggemar sepak bola dan konsumen.

Cheng mengatakan, “Di tengah resesi global yang masih berlangsung, kebutuhan mobil bekas di Asia Tenggara tetap tinggi. Di CARSOME, kami sangat optimis dengan keberlanjutan bisnis kami dan pertumbuhan kuat di sektor ini hingga lima tahun kedepan, didorong oleh berbagai faktor seperti meningkatnya kelas menengah, penetrasi mobil, dan digitalisasi.”

“Perjalanan CARSOME hingga menjadi seperti sekarang ini sungguh luar biasa. Pengalaman ini membuat kami sangat bersyukur dan terus berupaya untuk menghadirkan solusi bagi konsumen melalui berbagai inovasi pada industri otomotif yang sebelumnya mengadopsi cara-cara konvensional. Selanjutnya, kami akan terus konsisten pada komitmen kami untuk memberikan layanan transaksi dan kepemilikan mobil yang lebih baik lagi kepada konsumen,” tutup Cheng.

#####

Previous
Previous

กลุ่ม CARSOME ฉลอง 7 ปี แห่งความสำเร็จและความก้าวหน้าอย่างต่อเนื่อง พร้อมเดินหน้าขับเคลื่อนตลาดรถยนตร์มือสอง

Next
Next

CARSOME Group Celebrated Seven Years of Achievements and Continuous Growth while Driving Improvements to the Used Car Market